Monday, November 28, 2016

Berkat Ngeblog Doang 5 Orang ini Jadi Jutawan, Berikut Tips Rahasianya!

Tags

Sebelum internet booming seperti sekarang, dulu blog masih terkesan buat hal-hal yang sifatnya pribadi, misal curcol, kegiatan sehari-hari yang cenderung kagak penting. Namun kian hari blogger kian menjadi profesi yang menjanjikan.


Contohnya pada kelima blogger ini, mereka mampu buktikan kalau ngeblog dengan konten yang berkualitas mampu hasilkan duit yang berjibun!
Kelihatan mustahil ya, masa cuma nulis doang bisa dapetin duit? Well langsung saja deh simak kisah lima brlogger berpengalaman yang mampu merubah hidupnya dari zero to hero.

Pete Cashmore - Mashable.com

Berawal blog sederhana di kamar kecilnya semasa tinggal di Skotlandia, kini Pete Cashmore adalah jutawan di dunia blogging, menurut berbagai sumber dia memiliki kekayaan sebanyak 230 juta dollar AS, bila dirupiahkan senilai 3,2 triliun!
Pete mulai ngeblog saat dia berumur 19 tahun, namun blognya bukan berisi kisah hidupnya, tapi lebih ke informasi bisnis, teknologi, gaya hidup dan entertaiment. Kini blog bernama Mashable tersebut menjadi rujukan banyak orang, dengan trafik puluhan sampai ratusan juta perbulannya wow! Sekarang selain mengelola Mashable, Pete juga jadi kolumnis di media sosial CNN.
Apa yang dapat kamu pelajari dari seorang Pete Cashmore?
  1. Tema harus jelas dan konten yang konsisten.
  2. Ingat blog yang bermutu dengan trafik puluhan juta itu membutuhkan waktu tidak instan!
  3. Tanyakan pada dirimu apakah dunia tulis menulis di blog adalah passion-mu, jika tidak jangan buang-buang waktu dengan hal yang bukan passion-mu.
People with passion can change the world, bukan?

Timothy Sykes - TimothySykes.com

Dilihat sepintas, blognya mungkin sangat jauh dari kesan mewah, mungkin mirip blog-blog fraud yang beredar luas di Internet.
Namun siapa sangka blog TimothySykes.com memiliki pendapatan kurang lebih US$180 ribu per bulan, apa rahasianya?
Ternyata selain mengelola blog, Timothy juga seorang pialang saham, namanya malambung berkat pintar sekali mengambil keputusan dalam bidang saham dan pasar modal. Nggak heran banyak puluhan hingga ratusan ribu orang yang setiap hari berkunjung ke blognya biar ketularan kaya!
Lalu apa sih yang bisa kamu pelajari dari Timothy Sykes?
  1. Nggak perlu ikut-ikutan dengan blog lain yang sudah sukses (niche market), 
  2. Kemudian, ketahui apa yang kompeten di dalam diri sendiri, apa yang bisa kamu jual
  3. Konsisten mengisi konten blog kalau perlu tiap hari!
Dari beberapa hal di atas jika sudah berjalan jangan lupa di monetisasi ya!

Michael Arrington - TechCrunch.com

Siapa yang nggak pernah berkunjung ke TechCrunch? Semua orang termasuk kamu pasti pernah dong buka dan baca-baca disana. Yap! Benar TechCrunch adalah blog informasi teknologi yang katanya berpenghasilan US$500 - 800 ribu per bulan. Wow!
Perjalanan blog ini nggak semulus yang dibayangkan lho, awalnya Arrington cuma iseng buat doang, toh dia juga nggak ada skill teknologi. Nah setelah blog tersebut hidup, perhari Arrington bisa menulis beberapa artikel, hingga dia pernah suatu waktu sampai tertidur di depan layar komputer saking lelahnya.
Kini dedikasi Arrington tidak sia-sia, TechCrunch di akusisi AOL dan menjadikannya sebagai jutawan baru di Amerika Serikat!

Apa yang dapat kita pelajari dari sosok Michael Arrington?
  1. Pastikan kamu memiliki dedikasi terhadap blogmu
  2. Konsisten dalam menulis
Kejayaan TechCrunch tidak semata karena Arrington, tapi Arrington cerdas memilih orang-orang berkompeten!

Gina Trapani - LifeHacker.com

Tak disangka dibalik kesuksesan LifeHacker ternyata ada Gina Trapani, yah meskipun dia cewek bukan berarti dia tidak bisa membangung perusahaan media di bidang teknologi. Gina panggilan akrabnya adalah satu-satunya blogger wanita yang memiliki penghasilan tinggi dari blog. Konon per bulan Gina memiliki penghasilan 1,5 miliar! Tak cuma itu saja, posisinya sebagai CEO menjadikannya contoh kalau wanita juga bisa memimpin perusahaan.
Situs LifeHacker sendiri adalah situs yang berisi muatan konten soal cara mengerjakan sesuatu dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih baik.

Apa yang bisa kita pelajari dari seorang Gina Trapani?
  1. Think different (Berfikir beda)
  2. Pilihlah tema blog yang mudah diingat semua orang
LifeHacker miliki traffik tinggi karena menyajikan konten menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda'. Coba saja tengok media tersebut.
Vitaly Friedman - SmashinMagazine.com

Bagi sebagian besar desainer web pasti kenal dengan Vitaly Friedman, yah Vitaly emang orang dibelakang kesuksesan SmashingMagazine, blog yang mengulas soal tips & trik seputar dunia web desainer dan desainer grafis, kini blog yang dia buat di garasi rumahnya itu berpenghasilan kurang lebih mencapai 2,6 miliar rupiah!

Berikut beberapa hal yang dapat kamu pelajari dari seorang Vitaly Friedman,
  1. Hindari mengisi konten yang meluas, pilih salah satu untuk menjadi fokus utama,
  2. Ingat dengan kulitas konten, jangan ala kadarnya! (Content is King)
Nah, demikianlah lima blogger yang kaya raya hanya dengan mengelola blog, sekarang pasti semangat buat ngeblog dong pastinya!


EmoticonEmoticon