Monday, June 13, 2016

Dari Penembak Tikus Hingga Alarm Berjalan, 8 Pekerjaan Nyeleneh Ini Ngehits Banget di Jaman Kakek Buyutmu...

Pekerjaan-pekeraannya unik-unik...
Semenjak adanya revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 dan perkembangan teknologi secanggih sekarang, banyak sekali lapangan pekerjaan jaman dulu yang hilang dan digantikan oleh lapangan pekerjaan baru.
Katanya sih lapangan pekerjaan yang hilang ini dulunya jadi primadona soalnya nggak menuntut skill khusus.
Nah, emang jenis pekerjaan apa saja sih yang hilang? Untuk mengobati rasa penasaran kamu, langsung saja deh simak ulasannya berikut ini.

Petugas menyalakan lampu jalan...
Kamu mungkin udah biasa ngeliat lampu penerangan di jalan, tapi tahukah kamu sebelum ditemukan lampu penerangan di jalan nggak otomatis menyala seperti sekarang? 
Di jaman dulu pemerintah kota mempekerjakan beberapa pegawai yang bertugas menghidupkan lampu satu per satu secara manual. Contohnya di Inggris, saking banyak lampu yang harus dikelola, pemerintah setempat sampai memperkerjakan ratusan orang buat menyalakan setiap hari.

Tukang pemotong es...
Jauh sebelum kulkas ada, orang jaman dulu kalau mau memproduksi es itu harus nunggu musim dingin dulu, baru ada petugas khusus yang bersusah payah memotong balok-balok es di danau dan selanjutnya dijual ke kota.

Tukang alarm berjalan...
Jaman sekarang kalau mau bangun tepat waktu tinggal setel alarm beres tapi jaman dulu beda. Tahu nggak kalau dulu sebelum alarm ada, orang-orang kalau mau bangun tidur itu pake jasa alarm berjalan lho. Alarm beralan ini bukan lonceng yang berjalan gitu, tapi lebih tepatnya manusia yang bakal mengetuk-ngetuk pintu atau cendela di rumahmu biar kamu cepat bangun.
Soal biaya tergantung kesepakatan dan kesulitan dalam membangunkan kliennya.. Hahaha

Tukang penata pin bowling...
Kalau sekarang ada mesin khusus yang bertugas menata pin bowling, jaman dulu mah beda, dulu pin bowling ditata secara manual dan biasanya petugas yang menata pin ini.

Tukang pemburu tikus...
Jaman sekarang kalau mau membasmi tikus ya tinggal diracun beres! Kalau dulu beda lho, ada orang khusus yang ditugasi buat membasmi hewan gorong-gorong ini, mereka itu orang terlatih untuk tidak jijik terhadap tikus dan mampu memburu serta membasminya dengan cara dipukul, dipanah, dan ditangkap dengan tangan kosong.

Petugas pelacak pesawat musuh...
Dulu kalau mau melacak musuh itu ada petugas khusus yang dipekerjakan, nggak harus jadi mata-matas kayak agen 007 sih, cuman petugas ini harus melacak benda yang terbuat dari besi di atas awan dengan menggunakan headset raksasa. Sekarang tugas ini digantikan oleh radar yang dikendalikan komputer.

Pembaca hiburan di Pabrik...
Sebelum ada radio, televisi dan perangkat hiburan elektronik lainnya, biar nggak bete orang jaman dulu make jasa pembaca hiburan di pabrik. Tugasnya ya memberikan cerita, dongeng hingga ngelawak, tujuannya biar petugas pabrik nggak bosen.

Sopir balok kayu...
Sebelum ditemukannya mesin pengangkut balok kayuk seperti sekarang, orang jaman dulu kalau mau membawa gelondongan itu dengan dihanyutkan ke sungai tapi dengan pengawasan para sopir kayu biar gelondongan ini bisa sampai pada tempat yang diperintahkan.

Itulah delapan pekerjaan yang kini udah nggak ada lagi, terlihat aneh memang tapi bisa juga pekerjaan-pekerjaan semacam ini pernak dilakuin kakek buyutmu.

Source google


EmoticonEmoticon