Thursday, February 4, 2016

10 Tradisi Aneh Dari India Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Melukai diri sendiri
Mengerikan!

Sebagai negara dengan penduduk nomor dua terbesar di dunia setelah Cina, tak lepas membuat India dikenal sebagai negara yang memiliki peradapan maju layaknya Amerika Serikat dan yang lainnya. 
Selain kentalnya pengaruh Hindu di negeri Ramayana tersebut, India juga tak lepas dari kepercayaan-kepercayaan atau tradisi-tradisi aneh yang membuatnya dikenal sebagai negara yang unik.
Bahkan beberapa tradisi ini bisa bikin kamu geleng-geleng kepala, penasaran?
Berikut ulasannya!

Berjalan diatas bara api
Berjalan diatas bara api
Apa yang kamu bayangkan saat melihat atau diminta untuk berjalan diatas bara api yang membara? Pasti nggak mau kan? Tapi berbeda dengan orang India, di tanah hindustan tersebut ada sebuah tradisi yang dinamakan ritual Thimithi, ritual ini dilakukan untuk menghormati salah satu dewa dalam Hindu, yaitu Draupati Amman.

Mencangkok tubuh 
Mencangkok tubuh
Mengcangkok tubuh bukan gantung diri yang berarti bunuh diri bukan, tradisi ini biasa dikenal dengan sebutan Hooking oleh para wisatawan, ritual ini bernama Thookam, yang dimana partisipan harus mencangkok tubuhnya dengan dengan benda tajam dan digantu kemudian diarak keliling kota.

Adu banteng
Adu banteng
Meski sapi, kerbau dan banteng di India dianggap keramat, tapi disana juga ada sebuah tradisi yang sudah mendarah daging di masyarakat India, salah satunya adalah adu banteng, banyak yang bilang tradisi ini lebih tua dari tradisi adu banteng di Spanyol... Are you believe it?

Melukai diri sendiri
Melukai diri sendiri
Dari semua tradisi yang ada di India, mungkin tradisi satu ini yang menurut para wisatawan sebagai tradisi yang sangat mengerikan, bagaimana tidak tradisi yang biasa dikenal dengan nama ritual Matam ini mengharuskan setiap peserta melukai diri sendiri hingga berdarah-darah.
Kalau dalam film mirip-mirip film SAW gitu deh.... Hiiii

Mati di bakar hidup-hidup
Mati di bakar hidup-hidup
Sebenarnya tradisi ini sudah lama dihapus oleh Inggris semasa menjajah India, pasalnya tradisi ini benar-benar di luar akal sehat dan melanggar hak asasi manusia, jika ada seorang pria meninggal, sang istri yang saat itu bersetatus janda harus memutuskan tetap hidup sebagai janda atau ikut sang suami meninggal dibakar bersama-sama. 

Lempar bayi 
Lempar bayi
Setiap bulan desember, di India terdapat sebuah tradisi dimana para bayi dikumpulkan di sebuah kuil dan dilemparkan dari atas setinggi 5 meter agar bisa ditangkap oleh kedua orang tuanya, ritual semacam ini biasa dipercaya membawa berkah.

Bergulung-gulung diatas sesembahan
Bergulung-gulung diatas sesembahan
Selain lempar bayi ada tradisi aneh lagi di Karnataka India, yang dimana para orang dewasa diminta buat bergulung-gulung diatas tumpukan sesembahan, katanya sih ritual ini mengandung berkah dari dewa Brahma yang bisa menyembuhkan dari beragam penyakit kulit.

Pengusiran setan dengan ayam
Pengusiran setan dengan ayam
Kedengarannya memang absurd tapi percayalah tradisi ini biasa dilakukan warga India kalau ada salah satu keluarganya yang kerasukan setan, lalu apa hubungannya dengan ayamnya, biasanya orang sana memotong ayam tersebut menjadi beberapa bagian, dan meletakkan setiap potongan tadi di sekitar rumah mereka, biar setannya takut dan nggak nganggu lagi.

Tindik lidah
Tindik lidah
Kalau biasanya kita mengenal tindik hanya di bagian kuping dan hidung, kali ini di India ada tindik lidah dengan jarum yang terbuat dari besi dan sebatang kayu, yang ditancapkan pada kedua sisi lidah agar tetap terlihat keluar (lihat gambar).

Membuang bayi perempuan
Membuang bayi perempuan
Ternyata diskrimansi gender tidak terjadi pada orang dewasa saja, di India diskriminasi gender masih kerap terjadi di wilayah pedesaan yang sangat menjunjung tinggi tradisi setempat, salah satunya adalah membunuh atau membuang bayi perempuan yang baru di lahirkan, karena dipercaya membawa sial. Hingga kini laki-laki masih dianggap lebih berharga daripada wanita.

Bagaimana menurutmu?

Source lolwot


EmoticonEmoticon