Tuesday, January 5, 2016

Terbongkar! Cara Memperpanjang SIM Super Kilat Tanpa Calo

Tags

Apakah SIM anda sudah mulai kadaluarsa? Jangan tunggu sampai habis. 
Segeralah memperpanjang SIM anda paling tidak sebulan sebelum masa berlakunya habis. Jika anda menunda nunda maka belum tentu diakhir tanggal berlakunya SIM ada mempunyai waktu mengurusnya.
Kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara memperpanjang SIM yang masa berlakunya akan habis, yaitu dengan mendatangi layanan SIM keliling di kota anda, Saya berada di surabaya jadi saya mendatangi layanan SIM Corner di wilayah Surabaya.

Siapkan perlengkapan dokumen yang dibutuhkan
Sebelum menuju ke lokasi pelayanan SIM Corner sediakan peralatan dan dokumen pendukung untuk perpanjangan SIM anda yaitu :
  • SIM Asli yang masih berlaku
  • KTP Asli yang masih berlaku
  • Fotocopy SIM 2 lembar (bolak-balik)
  • Fotocopy KTP 2 lembar (bolak-balik)
  • Pena (ballpoint)
  • Jam tangan atau HP yang jamnya cocok
  • Uang untuk biaya administrasi (SIM C 150, SIM A dan SIM B tentu lebih banyak sekitar 50% lebih)
  • Berdandan yang rapi (ganteng & cantik :D) 
  • Cara urutan mengurus sim
OK Berikut urutan langkah memperpanjang SIM di SIM Corner

Setelah tiba di lokasi, parkirkan kendaraan anda di tempat parkir, jangan di taruh dekat mobil SIM keliling karena bisa menganggu orang lainnya.
Serahkan KTP Asli, SIM asli, Fotocopy KTP dan Fotocopy KTP ke petugas di dalam mobil, anda akan diberi formulir-formulir beserta MAP dan sekaligus membayar biaya administrasi saat itu juga.
Isi semua fomulir dengan tepat, jika ada yang tidak dimengerti jangan ragu untuk menanyakan kepada petugas yang berjaga.
Setelah isi formulir komplit lalu serahkan formulir tersebut ke petugas dimana tadi menyerahkan KTP, SIM dll, MAP anda akan diberi nomor, dan anda disuruh mengingat-ingat nomor anda jadi lebih baik dicatat.
Silahkan anda menunggu giliran dipanggil berdasarkan nomor tadi (bukan nama) jadi jangan jauh-jauh dari mobil SIM keliling biar terdengar.
Setelah nama anda dipanggil anda disuruh naik ke mobil kemudian anda akan difoto, setelah difoto anda diminta melihat sekali lagi data anda di komputer apakah sudah benar dan tidak keliru, jika sudah benar maka petugas akan mencetak SIM anda yang baru.
Petugas memeberikan SIM anda yang baru bersama dengan KTP asli anda, sedangkan SIM lama diambil oleh petugas.
Setelah mendapat sim silahkan meninggalkan tempat dan jangan lupa ke parkiran untuk mengambil kendaraan yang anda parkir tadi...Proses perpanjangan sim ini tidak lama, yang lama adalah antriannya hehehe... ya harus sabar.

Sekian semoga anda dapat gambaran bagaimana memperpanjang SIM dan cara ini pada umumnya sama pada wilayah dan provinsi di seluruh Indonesia.


EmoticonEmoticon