Thursday, January 28, 2016

6 Kejanggalan Ini Bukti Bahwa Tangan Robot I Wayan Sumardana Cuma HOAX


 I Wayan Sumardana
Akhirnya terbongkar!
Belum lama ini jagat maya diramaikan atas pemberitaan "Iron Man Indonesia" di Bali yang bernama I Wayan Sumardana. Wayan mengaku terkenal stroke pada pertengahan tahun kemarin yang menyebabkan tangan kirinya lumpuh.
Dari wawancara pihak wartawan di kediamannya, Wayan sudah beberapa kali mencoba berobat ke dokter, dan dokter tidak bisa menjelaskan kenapa tiba-tiba tangannya lumpuh. Tidak ada bukti klinis dari dokter yang memeriksan Wayan kala itu. 
Menyadari kondisi tangannya sudah tidak mampu bekerja secara maksimal, Wayanpun memutuskan untuk merakit sendiri tangan robot dari benda-benda bekas agar mampu menunjang aktivitasnya sehari-hari sebagai tukang las. Dan lebih hebatnya lagi tangan robot buatan Wayan diklaim digerakkan dari gelombang otak.
Belakangan ini setelah santer diberitakan di jagat media, para netizen mulai meragukan kebenaran tangan robot "Iron Man Indonesia" tersebut, karena klaim Wayan memiliki beberapa kejanggalan, seperti yang telah saya rangkum berikut.

Sensor otak
Sensor otak
Banyak yang berpendapat, bahkan untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar saja, dengan sarana yang benar-benar mendukung untuk riset ke teknologi ini, masih belum mampu menwujudkannya. Selain itu, untuk teknologi sensor ini dalam ruang lingkup pengembangannya, sudah menggunakan teknologi nano. Sehingga teknologi seperti ini dinilai tidak masuk akal bisa dilakukan secara autodidak. Apalagi spare-part yang digunakan dari barang bekas.

Gear yang berada di luar dan bisa dibongkar pasang
Gear yang berada di luar dan bisa dibongkar pasang
Gear banyak berada di luar dan bisa dibongkar pasang dengan mudah, tanpa alat bantu apapun. Tapi gerakannya begitu cepat dan leluasa, tanpa lepas saat dioperasikan.

Pergerakan tangannya terlalu biologis
Pergerakan tangannya terlalu biologis
Di mana-mana benda mekanis selalu memiliki gerakan yang masih kaku. Banyak terjadi jeda pergerakan walaupun hanya beberapa milidetik. Ada yang membandingkannya dengan Asimo robot buatan Honda yang gerakannya masih terlihat kaku.
Sedangkan jika melihat video gerakan tangan I Wayan, gerakannya sangat leluasa dan persis tangan asli yang masih berjalan normal.

Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar
Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar
Persendian lengannya bisa disebut longgar, terlihat saat ia memasang lengannya. Tapi kejanggalannya respons ke pergerakan tangannya cepat dan pasti tidak salah gerak. Hal ini dinilai tidak mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor dan yang pas, tentu tarikannya akan berbeda. Begitu juga halnya dengan lengan ini.

Jari I Wayan bisa bergerak
Jari I Wayan bisa bergerak
Jari-jari I Wayan tetap bisa gerak dan genggam batang logam. Tapi masih tidak ditemukan tulang-tulang mekanis yang diguanakan untuk diikat ke jari-jarinya. Malahan hanya ada sarung tangan longgar yang tak diketahui apa komponen dalamnya.

Tidak ada gear di bahu
Tidak ada gear di bahu
Jika tangan benar-benar lumpuh dari atas. Berarti seharusnya gearnya sudah dimulai dari bahu. Namun faktanya pada alat I Wayan yang disebut Robot EEG hampir tidak ada gear di persendian sama sekali. Padahal persendian merupakan bagian paling vital. Persendian di bahu ke lengan atas memiliki perputaran hampir 180 derjat.
Bagaimana menurutmu? Apakah tangan robot buatan Wayan memang benar-benar asli atau cuma rekayasa belaka?

Source brilio.net


EmoticonEmoticon