Friday, December 11, 2015

Suka Ngisi Bensin Full Tank? Awas Bahaya Buat Dirimu Sendiri!

Tags


Nggak selamanya ngisi bensin full tank itu bagus, ternyata berbahaya! 
Seringkali sewaktu kita mengisi bensin, kadang kita minta "Full Tank" tapi apa kalian tahu bahwa mengisi tangki bahan bakar penuh itu sama bahayanya dengan mengendarai mobil atau motor dalam kondisi tangki kosong?


Nggak percaya? Simak ulasannya berikut.

Kenapa Kita Harus Menyisakan Space Atau Ruang Kosong Pada Tangki Mobil?

Bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU, sehingga sebagian bensin yang kita bayar akan kembali masuk ke tangki SPBU. Hal ini terjadi karena mesin pengisian bahan bakar modern sudah dilengkapi dengan penghisap uap bensin. Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah penuh, maka penghisap akan otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil atau motor

Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma.

Apakah Ada Dampak Buruknya Bagi diri kita?


Selain berdampak terhadap kesehatan, setiap bensin yang tumpah atau menguap, juga menjadi faktor penyumbang polusi udara, dan dampak terburuk adalah jika tekanan gas di dalam tangki tinggi, di dukung suhu yang panas karena terik matahari, bisa-bisa kendaraan yang kamu tumpangi bisa meledak!

Niatnya sih pengen irit malah jadi boros dan juga tidak baik bagi kesehatan dan bagi lingkungan, jadi ingat ya gaes kalau mengisi bensin jangan kepenuhan - Sumber