Tuesday, December 22, 2015

Beragam Cara Mandi Dari Berbagai Penjuru Dunia Yang Sangat Aneh!

Tags


Setahu kita, dimana-mana kalau mau mandi ya bawa sabun, sampo, sikat gigi plus pasta gigi dan handuk. 
Tapi beda sama beberapa orang di negara-negara ini, mereka justru menggunakan atau percaya dengan materi dari alam, katanya sih lebih mujarab dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. 
Berikut berbagai cara mandi dari penjuru dunia, yang beberapa diantaranya ada di Indonesia, simak ulasannya!

Mandi gurun - Mesir
Kondisi terik panasnya gurun tidak menghalangi orang-orang yang meyakini khasiat penyembuhan dari pasir Siwa yang berlokasi di Pegunungan Dakrour di daerah Mesir Barat. Menurut penduduk lokal, mandi pasir di sini memiliki khasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit seperti rematik, ketidaksuburan, dan impoten.
Keseluruhan proses perawatan memakan waktu antara 3 sampai 9 hari dan memakan biaya sekitar $38.31–51.08 (atau 527 ribu sampai dengan 703 ribu rupiah), termasuk akomodasi serta makan.

Mandi lumpur - Daylan, Turki
Setiap tahunnya ada sekitar 25 ribu wisatawan berkunjung ke tempat peristirahatan di Dalyan yang terletak di daerah Turki Barat untuk menjalani terapi mandi lumpur. Mandi lumpur diyakini dapat menyembuhkan rematik, stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat kulit Anda memiliki kemilau sehat.

Mandi pasir - Ibusuki, Jepang
Ibusuki terkenal akan mandi uap pasirnya, yaitu saat Anda dikubur di dalam pasir sampai tertidur lelap. Terapi akan dapat meningkatkan suhu tubuh yang menghasilkan sirkulasi darah lebih baik dan pada saat yang bersamaan mengeluarkan racun tubuh melalui keringat.

Mandi sungai - Kangal hot spring, Turki
Mata air panas Kangal terkenal akan terapi ikan dokternya yang dikenal dengan nama Garra Rufa. Tempat ini menjadi terkenal untuk perawatan psoriasis karena ikan-ikan kecil di dalamnya memakan kulit mati.

Mandi air panas laguna, Islandia
Salah satu tempat di Islandia yang paling banyak dikunjungi, Laguna Biru memiliki air yang kaya dengan mineral seperti silica dan belerang yang terkenal dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, seperti psoriasis. Tempat ini pun memiliki fasilitas riset dan pengembangan untuk menemukan obat bagi berbagai penyakit kulit lainnya.

Mata air panas vulkanis - Santorini, Yunani
Bertempat di pulau vulkanis di tengah kaldera Santorini, mata air panas ini mengandung banyak mineral seperti besi, mangan, dan belerang. Selain itu terkenal dapat menyembuhkan penyakit kulit, maupun radang sendi dan nyeri tubuh lainnya.

Mandi air asin - Safaga, Mesir
Air berkadar garam tinggi dari Laut Merah Riviera memiliki 35% kadar garam lebih tinggi dibandingkan di laut biasa. Tempat ini dikenal sebagai “Zona Penyembuhan” oleh penduduk lokal karena perairan yang mengeliling Safaga ini kaya akan kandungan mineral dan terkenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan pegal-pegal, stres, dan mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis.

Mandi gletser - Cili Utara
Terletak di ketinggian 4.200 meter (atau 13.780 kaki) dari permukaan laut, gletser Puchuldiza merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi Isluga. Tempat ini sangatlah terpencil dan waktu terbaik untuk menikmatinya adalah pada pagi hari saat udara masih dingin sementara air hangat bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Mandi kapur - Pamukkale, Turki
Pamukkale adalah lokasi paling tepat bagi mereka yang ingin merasakan mandi terapeutik sambil menikmati pemandangan menakjubkan. Air yang mengandung kadar kalsium tinggi ini berada di tebing gunung kapur dan membentuk teras siring putih yang cantik.

Mandi minyak mentah - Naftalan, Azerbaijan
Mandi dengan minyak mentah mungkin tidak masuk ke dalam daftar perawatan spa Anda, tapi percayalah bahwa ini sangat populer di Naftalan. Proses mandi ini diawali dengan proses memanaskan satu gentong berisikan minyak mentah sampai mencapai suhu 40 derajat Celcius (atau setara dengan 104 derajat Fahrenheit), kemudian diikuti dengan berendam di dalam bak mandi berisikan minyak mentah tersebut selama 10 menit. Setelah mandi atau berendam, kemudian tubuh akan digosok selama 40 menit. Minyak mengandung 50% naphthalene, hidrokarbon yang digunakan untuk merawat penyakit kulit.

Mandi es - Seluruh dunia
Berendam di air es tidak terdengar menarik ya? Tapi itu merupakan hal biasa bagi para atlet untuk menangani nyeri otot, pegal-pegal, dan rasa kaku pada tubuh.

Mandi jerami - Tyrol, Italia
Proses mandi jerami biasanya dengan berbaring sambil dibungkus erat dengan jerami yang telah direndam dengan air panas bersuhu 40 derajat Celcius (atau setara dengan 104 derajat Fahrenheit). Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk membuat tubuh berkeringat dan membuat pori-pori kulit untuk meningkatkan sirkulasi tubuh, mengurangi berat badan, dan revitalisasi tubuh.

Mandi laut mati - Israel & Yordania
Laut Mati adalah danau air asin yang berbatasan dengan Yordania pada sisi timur dan Israel serta Palestina pada sisi baratnya. Danau ini merupakan danau air garam terdalam di dunia. Air di danau ini sangatlah pekat sehingga Anda bisa mengapung di atasnya dengan mudah. Airnya dapat menutrisi kulit, meringankan rematik, meningkatkan sirkulasi tubuh, melemaskan syaraf, dan menyembuhkan penyakit kulit kronis.
Ada-ada aja ya cara mandi dari beberapa wilayah di seluruh dunia, kalau di Indonesia sih ada juga, seperti mandi air hangat di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur dan berbagai wisata pemandian lainnya, ngomong-ngomong nggak pengen berkunjung kesana? Sumber


EmoticonEmoticon