Monday, December 14, 2015

7 Istilah Yang Sering Kamu Dengar Ini Ternyata Sudah Digunakan Sebelum Indonesia Merdeka!

Tags



Istilah-istilah yang kita kenal selama ini ternyata sudah ada sebelum internet dikenal luas.
Mungkin sebagian banyak orang mengira bahwa istilah-istilah dunia maya seperti Internet, email, selfie dll adalah sesuatu hal yang baru. Padahal, beberapa hal yang kerap ada di dunia maya, sejatinya sudah ada sebelum internet itu dikenal secara luas.

Berikut 10 hal kekinian yang sudah ada sejak lama bahkan telah digunakan sejak beberapa dekade sebelumnya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Email

Siapa yang tak kenal dengan surat elektronik atau email. Penggunaanya kini semakin penting dan paling sering digunakan untuk berkomunikasi karena memungkinkan orang mengirim pesan beserta lampiran, berupa foto atau dokumen lain. Tapi, sebenarnya penggunaan email pertama kali dilakukan pada 1965 saat para peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) saling mengirim pesan dalam sistem universitas.

Emoticon


Emoji saat ini sudah menjadi bahasa tidak resmi dalam percakapan melalui ponsel. Bahkan simbol-simbol emoji sangat membantu pembaca menerima pesan sesuai artinya. Mulai dari emoji orang tersenyum, tertawa sampai mengeluarkan air mata. Banyak orang mengira penggunaan emoji adalah sesuatu yang baru. Namun, sebenarnya penggunaan emoji pertama kali dilakukan majalah Puck pada 1881 sebagai cara untuk menunjukkan sebuah lelucon.

Permainan Online

Saat ini banyak perangkat yang menawarkan pengguna internet bisa bermain game secara online dengan semua orang di seluruh dunia. Tapi sebenarnya permainan online pertama kali dilakukan pada 1973 lewat game Empire, di mana permainan ini bisa melibatkan 30 orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

Internet

Banyak orang memahami bahwa internet pertama kali diperkenalkan pada era 1990-an setelah Tim Berners-Lee menemukan world wide web pada 1989. Tapi sebenarnya jauh sebelum itu, tepatnya pada 1960-an internet sebenarnya sudah ditemukan yang saat itu menggunakan sistem Arpanet dan Usenet.

Singkatan OMG

Sebagian besar dari kamu pasti sering menggunakan singkatan kalimat untuk berkomunikasi saat chatting. Karena lebih cepat dan efisien. Tapi tahukah kamu singkatan “OMG” (Oh My God) untuk menggambarkan situasi kaget sebenarnya sudah ada sejak 1917 saat Lord Fisher yang dikenal sebagai “Jacky” menulis surat kepada Perdana Menteri Inggris Winston Churchill di dalam suratnya terkandung kata OMG. Fisher, adalah seorang laksamana angkatan laut dan inovator yang menjabat sebagai kepala Angkatan Laut Inggris selama Perang Dunia I, namun mengundurkan diri jabatannya pada tahun 1915 setelah bertengkar dengan Churchill selama kampanye bencana Gallipoli.

Selfie

Sekarang ini siapa yang tidak pernah berfoto sendiri alias selfie. Bahkan dalam setahun terakhir banyak orang rela melakukan aksi selfie berbahaya yang tak jarang justru merenggut nyawa. Setelah berselfie umumnya orang akan berbagi hasil jepretan mereka di sosial media. Tapi tahukan kamu bahwa selfie pertama kali dilakukan seorang ahli kimia asal Philadelphia, Amerika Serikat Robert Cornelius pada 1839.

Spam

Hampir semua orang pasti akan kesal ketika menerima spam dalam email mereka. Maklum, spam biasanya berupa pesan yang sangat tidak diinginkan. Spam sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sebab, jauh sebelum email muncul, spam sudah ada sejak 1864 yang dikirim lewat telegram di London, Inggris. Biasanya spam tersebut berisi iklan penawaran layanan operasi gigi.


Penggunaan simbol @



Penggunaan simbol @ atau yang sering disebut secara sederhana sebagai a keong sudah menjadi pemandangan lazim dalam internet. Simbol ini biasanya digunakan untuk alamat email. Tapi tahukan kamu bahwa penggunaan simbol @ sudah digunakan oleh para pedagang sejak tahun 1500-an di Spanyol dan Portugis sebagai symbol yang berarti arroba (satuan berat setara 12,5 kg). Penjelasan simbol @ kemudian muncul secara akademik dalam dokumen dagang yang dikirim Florentine Francesco Lapi dari Seville ke Roma pada 4 Mei 1536. Dokumen ini berisi tentang penggunaan @ sebagai penentuan harga.

Di era modern, Roy Tomlinson sebagai seorang programer komputer berpikir @ bisa menjadi cara terbaik untuk memisahkan nama pengguna individu pada sistem komputer yang sama. - Sumber