Sunday, January 25, 2015

Ternyata 6 Sekolah Di Jogja Ini Mengerikan

Tags


Kota Yogyakarta, kota yang memiliki keindahan dan keunikan ini juga menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah sejak kota ini masih berada di cengkeraman Kolonial Belanda dan Jepang. Hal ini juga tidak bisa dipisahkan dari sejarah dan keberadaan Sekolah Menengah di kota ini. Yogyakarta sendiri memiliki banyak sekali Sekolah Menengah, baik Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, yang akhirnya menjadikan kota ini dijuluki kota pelajar.


Sekolah-sekolah ini, percaya atau tidak, sekaligus menjadi tempat-tempat yang dipercaya masyarakat sebagai tempat angker yang terus dipercaya dari generasi ke generasi. Warga sekolah pun bisa merasakan tempat-tempat tersebut sebagai tempat para makhluk halus, tempat yang dipercaya memiliki daya magis tersendiri walaupun tidak bisa dilihat dengan mata namun dapat dirasakan dengan mata batin.
Kali ini, admin akan merangkum 6 Sekolah terangker di Kota Yogyakarta. Siapkan dirimu, apa sekolahmu salah satunya?

SMA N 7 Yogyakarta
Di posisi ke-6, ada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 7 Yogyakarta. Sekolah ini berlokasi di Jalan MT. Haryono Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki banyak prestasi dan juga banyak cerita mistis. 
Dulunya, sekolah ini merupakan bekas sebuah rumah sakit. 
Mushola sekolah ini juga dikenal sebagai bekas sebuah kamar mayat. Bekas-bekas lemari kamar mayatnya juga masih terlihat sampai sekarang. Tidak hanya itu, urband legend yang terkenal dari sekolah ini adalah sesosok perawat yang bernama Suster Yani. Suster ini sering terlihat pada saat malam menjelang, menampakkan diri pada siswa SMA 7 yang masih berada di sekolah.

SMK N 4 Yogyakarta
Posisi ke-5 ditempati oleh SMK Negeri 4 Yogyakarta. SMK ini merupakan salah satu SMK kelompok pariwisata di kota Yogyakarta. Telah berdiri cukup lama, menjadikan sekolah ini juga dikenal memiliki banyak cerita mistis. 
Sekolah ini dulunya merupakan sebuah tanah pemakaman. 
Hal inilah yang membuat siswa SMK N 4 Yogyakarta kerap mengalami kesurupan massal. Frekuensi kesurupan massal yang cukup sering inilah yang akhirnya membuat guru di SMK ini akhirnya membiarkan siswanya yang sedang kesurupan. Selain itu, keberadaan pohon beringin di sudut lapangan SMK ini juga menambah daftar peristiwa seram yang terjadi. Salah satu responden PIZNA mengatakan pernah melihat sesosok wanita berbusana putih yang terlihat berjalan mengelilingi pohon ini saat petang menjelang.
SMK N 2 Depok (STM Pembangunan Yogyakarta)
SMK N 2 Depok Sleman adalah sebuah lembaga pendidikan teknik yang juga bernama STM Pembangunan Yogyakarta, diresmikan tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto. Gedung SMK ini memang sudah lama berdiri, yaitu pada masa penjajahan. Hal ini lah sebab mengapa gedung-gedungnya, walaupun masih gagah tetapi terlihat tua.
Seperti halnya sekolah yang telah lama dibangun, sekolah ini juga tidak luput dari berbagai cerita seram yang menyertainya perjalanannya.
Dulunya, sekolah ini merupakan bekas sebuah tanah pekuburan. Satu pohon kambojanya bahkan masih berdiri di samping auditorium Stembayo.
Selain itu, belum lama ini ada sebuah kecelakaan yang merenggut nyawa seorang tukang bangunannya. Dia berencana untuk merubuhkan sebuah tembok Bengkel Teknik Gambar Bangunan, tetapi sayangnya karena kesalahan preparasi, tembok itu malah menimpa dirinya dan membuat nyawanya melayang.
Hantu bapak tua itulah yang akhirnya menghantui Stembayo saat ini. Dia sering berada di atap ruangan PAKS, banyak juga yang mengaku melihat sosoknya, terlihat memiliki wajah yang hancur dan melambai-lambai minta tolong.
SMA N 1 Yogyakarta
SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan salah satu SMA favorit di Yogyakarta yang sering disebut juga dengan nama SMA Teladan. SMA ini memiliki beberapa cerita urband legend yang beredar dari tahun ke tahun di kalangan siswanya. Urband legend ini bernama Mbak Yayuk.
Konon, Mbak Yayuk ini adalah siswa Teladan yang tidak diketahui angkatan berapa. Karena hamil di luar nikah, Mbak Yayuk memutuskan untuk bunuh diri. Dia meninggal dengan cara gantung diri di salah satu ruangan yang digunakan sebagai gudang di lantai 3 SMA 1 Yogyakarta.Sampai sekarang, salah satu ruangan di lantai 3 itu tidak digunakan lagi.
Dari narasumber, mbak Yayuk ini terlihat sering memainkan lagu Fur Elise di piano tua di ruang OSIS. Entah mana yang benar, yang jelas ada hubungan antara si Mbak Yayuk dan lagu Fur Elise. Banyak juga yang berpendapat kalau memainkan lagu Fur Elise di SMA 1 bakal memanggil Mbak Yayuk ini.
Cerita mistis tentang sekolah ini juga didapat dari hubungannya dengan Gedung Kembar. Sebenarnya ga banyak yang tahu kalau SMA 1 ini sebenarnya satu rangkaian sama gedung sebelahnya yang sekarang terkenal dengan nama Jogja National Museum (JNM). Kalau kamu lihat sekilas memang kelihatan mirip, tapi sebenarnya gak cuma mirip. Kedua gedung ini adalah gedung kembar. Cuma bedanya ini memang serem. Tadinya gedung ini mau dibeli sama pihak sekolah, tapi tidak mendapat izin. Karena kabarnya sih, gedung ini berhantu.
SMA 3 Yogyakarta
Masyarakat Yogyakarta pada umumnya pasti mengenal sebuah bangunan tua di tengah kota ini. Bangunan ini terletak di Jl. Yos Sudarso no. 7 Kotabaru, Yogyakarta (depan Stadion Kridosono). Biasanya mereka menyebutkan dengan istilah ”Tiga Bhe”(3B) atau ”Padmanaba”. SMA N 3 Yogyakarta menempati bangunan seluas 3.600 m2 di atas lahan seluas 21.640 m2 di kawasan Kotabaru Yogyakarta.
Pada zaman kolonial Belanda sampai pecah PD II (Desember 1941) sekolah ini dikenal sebagai AMS (Algemene Middelbare School) afdelling B. Siswa sekolah ini umumnya hanyalah anak-anak bangsawan (elite pribumi) dan anak-anak pegawai pemerintah kolonial.
Padmanaba juga menyimpan misteri. Ada sebuah ruang di pojok timur, tepatnya ruang Kimia 1. Adalah ruang yang mempunyai kisah tersendiri. Konon, terdapat lorong yang menghubungkan dengan ruang Biologi 2 di pojok barat. Bahkan tersambung pula ke ruang VIIIG di SMPN 5 Yogyakarta.
Banyak penampakan muncul di ruangan ini, dari mulai wanita berambut panjang yang sering berjalan melewati ruangan maupun suara-suara yang hanya terdengar di malam hari.
Pada zaman pergolakan, sekolah ini memang berdiri dalam situasi yang kacau balau. Siswa-siswa sekolah pun turut andil di dalamnya. Dan mungkin lorong tersebut adalah jalan rahasia yang digunakan untuk melarikan diri. Terowongan itu akan tetap menjadi sebuah rahasia bagi Padmanaba.
SMK N 2 Yogyakarta
SMK Negeri 2 Yogyakarta merupakan sekolah terhoror. Sekolah ini merupakan sekolah menengah kejuruanyang beralamat di jalan A.M. Sangaji 47 Yogyakarta, lebih dikenal dengan nama STM Jetis (STM 1 Yogyakarta). SMK Negeri 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah menengah tertua di Indonesia, dikenal dengan nama Stemsa atau PJS (Princess Juliana School).
Kontroversi dari Stemsa adalah rumor dan mitos tentang hantu-hantu yang ada di sekolah. Konon katanya, PJS (Princess Juliana School) memiliki ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara dimasa kekuasaan Jepang. Selain itu, terdapat pula beberapa tempat yang bisa dibilang “istana” para makhluk tak kasat mata.
Lokasi seram dari SMK N 2 Yogyakarta diantaranya adalah:
  • Lorong menuju area bengkel Otomotif dari gedung utama : Memang lorong ini terkesan gelap, karena tidak adanya lampu dan terkurung oleh gedung gedung sekolah yang cukup tinggi. Di area ini, konon kabarnya, semasa sekolah ini dijadikan rumah sakit dimasa kolonial, merupakan area kamar mayat.
  • Tangga koridor pintu perbatasan SMK 2 dengan SMK 3 : Menurut kabar yang beredar, di area ini terdapat rumah besar, yang jika kita masuk, maka tidak bisa keluar lagi.
  • Area teori barat, atau sering disebut “Kulon nDeso” : Tempat ini sangat jauh dari gerbang utama sekolah, tempat ini juga katanya menjadi tempat pembuangan korban masa kolonial.
  • Aula, yang saat ini dijadikan bengkel Permesinan : Aula ini dipercaya sebagai salah satu pintu menuju ruang bawah tanah. Ada sebuah cerita yang beredar, bahwa dulu pernah ada siswi yang kesurupan kemudian dia pingsan. Ketika siuman, ia ditanya tentang keadaannya. Ia menceritakan bahwa dia telah berkeliling ke SMP 6 dan SMA 11 yang kabarnya ruang bawah tanahnya tergabung ke SMK. 
  • Ruang 5 : Ruang ini adalah ruang teori matematika. Konon katanya, ruangan ini adalah pintu utama ke ruang bawah tanah. Ruangan ini pula yang disebut sebut paling angker.
Banyak sekali penampakan yang muncul di ruangan-ruangan itu. Memang, bangunan peninggalan masa kolonial mempunyai segala cerita mistis.
Itu tadi 6 Sekolah Menengah Ter-angker di Yogyakarta. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita memang hidup berdampingan dengan mereka. Tapi, ada satu pesan yang harus kita pahami bahwa ;
“Kekuatan Hantu Berasal Dari Ketakutan Manusia“. 
Jangan pernah takut, karena kita merupakan makhluk yang paling sempurna.

29 komentar

kebetulan nih, ane kuliah di jogja hahaha, thanks infonya gan...:D :D :D

Dijogja memang masih banyak mistis gan..

Admin satriyoku

serem ya bro
visit balik ya
http://wwwputrautama.blogspot.com/

kalo ada waktu boleh nih survey langsung

Itu serius ? Ngeri banget yang SMA N 1 YOGYAKARTA

Biasanya setiap sekolah punya cerota horro masing asing
hehe
tpi ini lebih seram dari cerita sekolah saya dulu

bener-bener gak nyangka ane,ternyata pada angker semuanya

Tambahan :
Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, konon meskipun sebagai pondok pesantren, ada beberapa santri yang sempat mengalami kesurupan dan katanya pernah melihat penampakan. entah asli ata bukan.

Serem banget. Untung sekolah ane nggak kayak gitu. Hiihh

visit ya www.bankcurhat.blogspot.com

untung baca artikel ini gak malem jumat,,, hehehe

Saya dulu sekolah di stemsa dari tahun 2009-2012 pernah pulang sampe jam 9 malam terus pernah iseng malem-malem balapan sepeda di koridornya gak ada apa-apa nyngkin beruntung aja kalu ane

SMKI ga ada gan?

Okee sis, thx udah berkunjung ya...

Emang gan, banyak wisata mistisnya...

Wah menarik nih bisa di share dong disini...

Skull Jogja emang kebanyakan angker gan...

Wah thanks buat sharenya gan...

Siap gan... thx udah berkunjung...

Nggak ada gan, emang SMK1 ada horornya gan?

Mungkin hantunya lagi libur gan... hehehe

wah kayak sayur tanpa garam dong...

Sma ane ada gan..alumnus sma 7 '95...gak hanya di mushola gan,masi banyak tempat 'lucu'nya kok...


EmoticonEmoticon