Wednesday, February 5, 2014

Kreatifnya Lukisan 3D 'Bercerita' Gunakan Trotoar


Melukis tidak hanya bisa dikerjakan di kanvas mapun buku gambar saja. Seorang pelukis di Michigan, Amerika Serikat melukis berbagai gambar unik 3D di jalanan langsung hanya dengan bahan dasar kapur warna-warni.

Sosok pelukis tersebut adalah David Zinn. Seniman yang juga mendalami penulisan kreatif itu telah memulai kegiatannya sejak 2001 lalu dengan menggambar berbagai hewan di sekitar trotoar depan rumahnya.

Salah satu karakter gambarnya yang terkenal adalah Sluggo dan The Flying Pig. Sluggo adalah hewan siput berwarna hijau sedangkan The Flying Pig adalah sesosok hewan menyerupai babi namun memiliki postur yang kecil dan memiliki sayap.

Lukisan Sluggo dan The Flying Pig kebanyakan bercerita tentang lingkungan. Seperti menyapu dedaunan, menyiram tanaman ataupun membuang sampah. Yang menarik dari gambar-gambar David adalah caranya membuat lukisan terlihat hidup dan "berinteraksi" dengan kanvasnya yang merupakan lingkungan sehari-hari.

David Zinn merupakan seniman lulusan Sastra Inggris. Ia sudah mulai menciptakan berbagai karya seni di sekitar rumahnya sejak tahun 1987. Kini sebagian besar gambarnya telah muncul di sejumlah dinding kereta bawah tanah Manhattan dan puing-puing konstruksi di Sonoran.


EmoticonEmoticon