Wednesday, January 29, 2014

Uniknya Sajian Ikan Beku dari Rusia Utara


Rusia, tepatnya bagian utara, memang dikenal sangat dingin karena dekat dengan kutub utara. Hal inilah yang mengilhami warga sana untuk membuat sajian ikan beku bernama Stroganina. Ya, ikan itu disantap malah saat masih beku. 

Ikan yang digunakan dalam sajian ini jenisnya adalah salmon putih, cisco atau sturgeon. Untuk memasok seluruh ikan ini, mereka mengambil langsung dari sungai arktik. 

Cara pembuatan ikan stroganina pertama adalah membuat lubang-lubang kecil di sungai lalu dibor dan ikan langsung ditarik keluar. Begitu keluar dari air, ikan langsung dibekukan dengan temperatur minus 25 derajat celcius. Sedangkan untuk kepala ikan akan digesek-gesekkan dengan es selama 20 menit hingga mejadi regang kusut dan akhirnya membeku. 

Setelah dibekukan selama 10 hingga 12 jam, daging ikan akan diiris kecil-kecil untuk menghindari pencairan dini. Ini dilakukan supaya ikan tersebut tidak meleleh hingga siap untuk dimakan. Karena jika ikan tersebut sempat meleleh maka akan menjadi sebuah penghinaan bagi warga Rusia Utara. 

Ikan ini akan disajikan dengan saus yang terbuat dari garam dan bubuk merica hitam. Kadang-kadang juga akan dihiasi dengan daun berri berwarna merah dan hijau. Rasa dari stroganina ini mirip dengan sashimi yang lembut dan segar namun mempunyai sensasi dingin.


EmoticonEmoticon