Wednesday, January 29, 2014

Kesetrum, Mata Pria Ini Miliki Katarak Bentuk Bintang


Kondisi tak lazim dialami seorang pria akibat tersengat aliran listrik. Ia menderita katarak akibat kejadian itu. Namun anehnya, katarak di matanya itu memiliki pola bintang. 

Kejadian itu diungkap dalam jurnal medis New England Journal of Medicine. Seorang pria yang bekerja sebagai teknisi mengalami kejutan listrik sebesar 14 ribu Volt di tubuh dan matanya. sekitar 4 minggu setelah kejadian, pria itu mengeluhkan penglihatannya bermasalah. 

Dr. Bobby Korn yang memeriksa pria berusia 42 tahun itu mendapati matanya membentuk katarak. Seluruh lensa di kedua bola matanya memiliki pola bintang. Belum diketahui bagaimana pola tersebut bisa terbentuk di lensa mata. 

Akhirnya pria itu menjalani operasi untuk membuang katarak berbentuk bintang tersebut. Namun kemampuan penglihatannya tidak bisa kembali ke normal karena syarafnya telah rusak. Dr. Bobby sendiri menjelaskan bahwa mata manusia sama dengan kamera. 

"Jika lensanya rusak maka bisa digantikan dengan yang baru," ucap Dr. Bobby. "Tapi jika klise, yang dalam kasus ini adalah syaraf penglihatan dan retina, rusak maka Anda tidak bisa menghasilkan potret yang bagus."


EmoticonEmoticon