Wednesday, January 15, 2014

Inikah Bocah Paling Kuat Sedunia?


Menjadi orang paling kuat sedunia adalah impian anak laki-laki. Namun itu benar-benar dianggap serius oleh Jake Schellenschlager. Ia melatih diri menjadi yang terkuat di usianya yang masih kanak-kanak ini. 

Jake mendapat ide menjadi bocah terkuat pada usia 12 tahun ketika melihat ayahnya olahraga. Kini di usianya yang 14 tahun, ia sudah bisa angkat besi yang bebannya dua kali lipat tubuhnya. Dengan tubuh setinggi 1,5 m namun sudah berotot, Jake kerap mencetak rekor dunia angkat beban. 

Pertengahan tahun lalu Jake juga memegang rekor dunia squat jump dan angkat besi 136 kg di Pennsylvania. Itu semua dilakukannya berkat latihan keras rutin selama 2,5 tahun saban hari. Sang ayah yang menjadi motivator dengan nge-gym bersama di Glen Burnie, Maryland. 

"Jake merasa tidak ada yang bisa mengalahkannya. Itu adalah kekuatan dari dalam diri yang mengatakan 'Kamu pasti bisa'," ucap pelatih Jake, Mike Sarni. "Itu biasanya pemikiran yang dimiliki setelah tua, hanya pada orang-orang usia dewasa." 

Obsesi Jake ini bukan tanpa resiko, para ahli mengingatkan bahwa angkat besi terlalu dini memiliki efek buruk pada kesehatan. Mengangkat beban maksimal saat masa pertumbuhan bisa berbahaya dan sebaiknya menunggu setelah dewasa. Sang ayah pun mengaku sudah tahu resikonya dan berusaha meminimalisir dengan pengawasan ketat. 

"Jake tak pernah mengeluhkan kesakitan dan rutin cek kesehatan," ucap Chris yang dibenarkan istrinya. "Awalnya aku khawatir tapi kuperhatikan bahwa angkat besi sama seperti olahraga lain, misalnya baseball," imbuh Brandy.


EmoticonEmoticon